Sabtu, 23 Januari 2010

Makan-makan di sekolah

Saat aku mau keluar pintu rumah, baru kuingat, ini hari SABTU! Festival 4 sehat 5 sempurna di sekolahku! Untung aku bawa susu sama piring. Gimana kalau ayamnya? nggak keburu kan?

Aku mengambil kresek asal-asalan, membuka kulkas dan memasukkan enam botol susu. Lalu membuka rak piring dan mengambil enam piring. Masuk mobil, membawa tas plus persiapan.

Sampai di sekolah....aku telat. Aku meletakkan tas dan kresek berisi piring dan susu. Pelajaran Bahasa Indonesia pun dimulai. Hari ini belajar tentang cara membuat karangan! Agak-agak susah sih, dari pada yang kubayangkan. Tapi asyik lho! Anehnya, temen-temen yang lain pada nggak suka mengarang. Masa sih, mengarang yang seasyik itu tidak disukai? Lanjut...!!!!

Setelah pelajaran, kami disuruh memakai topi dan hasduk (seragam pramuka) untuk foto pembuatan KTA. Setelah kelas kami di panggil, kami semua berjalan menuju tempat foto. Yang pertama adalah AKU!

Setelah pemotretan, aku menuju ruang ekstra mewarnai. Aku cuma dapat setengah jam, soalnya yang belum foto KTA, belum boleh ekstra.

Sehabis memasukkan krayon dan pensil. Aku ke kelas dan mengambil kresek berisi piring dan susu, Aku susah payah membawanya ke bawah. Lalu, aku menyuruh temanku, Syahda menjaga bahan-bahannya. Aku mencari karpet. Sayangnya, semua karpet sudah habis bersih, sih, sih! Aku berkeliling sambil mencari ide. Akhirnya aku memutuskan memakai meja. Aku dan Syahda mengangkat meja yang ada di depan "mantan" kelas kami yang di bawah. Setelah meletakkan meja di bawah pohon, aku dan Syahda membersihkanh mejanya menggunakan sulak dan menggelar taplak yang ada di dalam loker mejanya. :P

Aku dan Syahda menata semua perlengkapannya. Syahda menyusun buah di piringnya, aku mengelap piring hingga bersih menggunakan tisu. Aku menumpuk enam piring. Buah Syahda juga sudah tertata rapi. Datanglah empat orang lain dari tim-ku. Wulan, Billa, Umi, dan Dilla. Wulan mengeluarkan tahu-tempenya yang asapnya masih mengepul-ngepul. Padahal sudah dari tadi pagi. Benar-benar aneh! Billa mengeluarkan kotak nasinya dan centongnya diletakkan di atas tutup kotak nasi. Dilla tak ketinggalan dengan ayam gorengnya yang kriuk! Dan sendok. Tinggal Umi. Lho, Umi dan Syahda di mana? Oh... ternyata! Ibu Umi mengantarkan sup ayamnya. Syahda tampak membawa panci besar mewah dengan ringan. Mungkin isinya dikit. Saat tim-ku menyicipi kuah sup, aku mengacungkan jempol. Benar-benar YUMMY!

"YANG SUDAH SELESAI TATA-TATA, DIHARAPKAN MENULIS NAMA ANGGOTA DAN NAMA KELOMPOK. NAMA KELOMPOK HARUS BARONG WARNA ATAU WARNA SAJA! JURI ADALAH BU FRESHTY DAN BU YOSI. DIHARAPKAN SELESAI SEPULUH MENIT LAGI!" Terdengar suara dari megaphone. Aku bergegas mengeluarkan selembar kertas karton putih dan spidol hitam. Aku menulis 'Barong Merah Putih' dan 'ANGGOTA'. Di bawahnya ku tulis nama teman-temanku dan aku sendiri. Di sampingnya, kugambar perempuan berkerudung dengan acungan jempol. Dan tulisan... 'Dijamin, enak, lezat, MAK NYUZZZZ..... dan sehat!'. Aku menekuk sisi atas dan bawah dan di letakkan di depan panci sup.

Menunggu setengah jam, akhirnya juri datang dan mulai bertanya-tanya.

"Ini apa?" Tanya juri sambil menunjuk panci.
"Sup." Jawab kami serempak.
"Boleh dicoba tahu-tempenya?" Kami berenam mengangguk.
"Tahu dan tempe mengandung apa?"
"Protein." Jawabku cepat.
"Protein apa?"
"Protein nabati."
"Kalau ayam goreng?"
"Lemak dan daging."
"Selain itu?" Aku tidak tahu. Aku menyikut Wulan, Wulan menyikut Umi, Umi menyikut Dilla.
"Protein Hewani."
"Bagus. Boleh mencicipi sup-nya?" Aku menyerahkan sendok kepada juri dan membuka tutup pancinya.
Bu Freshty mencicipi. Begitu juga Bu Yosi.
"Enak, dan gurih. Oke, boleh makan." Bu Freshty dan Bu Yosi meninggalkan meja tim kami dan menuju meja tim yang lain.
Aku mengambil sendok dan piring. Aku mengambil nasi dan supnya. Juga ayam dan tempe. Hhhmmm.... Pastilah delicious! Aku makan dengan lahap. Yang tersisa cuma ayam. Aku berjalan mencari mangsa.

"Ehm! Siapa yang mau ayam goreng?!" Teriakku lantang. Kelas enam yang sedang mengerubuti tim "BARONG UNGU" langsung berebutan. Agar aku selamat, aku asal melempar aja. Untung di tangkap. Gimana kalau jatuh ke bak pasir? Aku bakalan GUBRAKS!
Saat aku duduk di kursi, semuanya sudah selesai makan. Pak Woto datang dan bertanya:
"Boleh di makan ini? Nasinya masih banyak, supnya masih banyak, buahnya masih banyak, ayamnya juga, mau diapakan?"
"Kalau mau, panggil aja anak kelas enam pak. Makan siang gratis!" Ujarku. Pak Parwoto setuju, dan....
"ANAK-ANAK KELAS ENAM!!!! MAKAN SIANG GRATISS!!!!! AYOO...!!!!" Teriak Pak Parwoto. Anak kelas enam berebutan piring dan sendok, untung sudah dicuci. Yang tidak dapat, mengambil ayam goreng, tahu, tempe, buah, dan lain-lain. Setelah anak kelas enam mencari tempat makan sendiri-sendiri alias bubar dari stand kami. Aku membersih nasi yang berceceran. Dan membaca buku. Setelah itu, aku berjalan melihat-lihat stand aku juga dibolehin menyicipi. Ada yang lucu nih! (Bocoran, bocoran!)

Salah satu tim cowok di kelasku, makan nasi, sayur, dan lauk pake tangan! Aku tanyain deh.
"Eh, makan sayur kok pake tangan?"
"Habis aku lupa bagi tugas tentang bawa-membawa sendok!" Jawab Afi kesal. Aku hanya terkikik. (bagi yang nggak ketawa.... I'm sorry)

Setelah jalan berputar-putar, aku kembali ke stand-ku. Piring sudah tertumpuk alias sudah dikembalikan. Sendok juga. AKu menghitung tumpukan piring.
"Lho, kok cuma lima?" Tanyaku pada yang lain. Semuanya mengangkat bahu. Umi mencuci panci besar mewahnya dengan susah payah. Aku menunggu lima menit, akhirnya piringku dikembalikan.
"Nih! Piringnya sama sendok! Udah kucuci!" Semua piring yang sudah dikembalikan ternyata sudah dicuci semua! Thanks semuanya.... Aku tingga mengelap hingga kering menggunakan tisu. Lalu memasukkannya ke kresek. Aku beres-beres, yang lain menggotong kursi sama meja.

Waktunya pulang! Aku ber'doa sambil berharap piringku tidak pecah di tengah jalan nanti.

Terima kasih untuk anak kelas enam yang memborong stand kami! Makanan kami jadi tidak mubadzir! Guru-guru pramuka, yang membuat kami lebih mandiri dengan ini semua....

2 komentar:

Aldinshah Vijayabwana mengatakan...

Bah, kamu sempat ke stan kelompokku kan????

ibit mengatakan...

@aldinsyah:iya....